Please return following links to the footer:
Designed by ThemeLark, thanks to: dpthemes.com, Theme.Today and http://corstone.biz
Mengenal Lebih Dekat gangguan saraf motorik yang Perlu Anda Ketahui

Mengenal Lebih Dekat gangguan saraf motorik yang Perlu Anda Ketahui

Image result for penyakit saraf motorik hellosehat

Penyakit saraf motorik adalah kondisi langka yang semakin merusak bagian sistem saraf. Hal ini menyebabkan kelemahan otot, seringkali dengan pemborosan yang terlihat. Penyakit saraf motorik , juga dikenal sebagai amyotrophic lateral sclerosis (ALS), terjadi ketika sel-sel saraf spesialis di otak dan sumsum tulang belakang yang disebut neuron motorik berhenti bekerja dengan baik. Ini dikenal sebagai neurodegeneration. Neuron motorik mengendalikan aktivitas otot yang penting, seperti:

  • mencengkeram
  • berjalan
  • berbicara
  • Menelan
  • pernafasan

Ketika kondisi ini berkembang, orang dengan penyakit motor neuron akan menemukan beberapa atau semua kegiatan ini semakin sulit. Akhirnya, mereka menjadi mustahil. Tidak jelas apa yang menyebabkan motor neuron berhenti bekerja dengan baik. Dalam sekitar 5% kasus ada riwayat keluarga penyakit motor neuron atau kondisi terkait yang disebut demensia frontotemporal. Ini dikenal sebagai Penyakit saraf motorikfamilial. Dalam sebagian besar kasus ini, gen yang salah telah diidentifikasi sebagai memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan kondisi. Tidak ada tes tunggal untuk mendiagnosis Penyakit saraf motorikdan diagnosis didasarkan terutama pada pendapat spesialis otak dan sistem saraf (ahli saraf). Diagnosis penyakit motor neuron biasanya jelas untuk ahli saraf berpengalaman, tetapi kadang-kadang tes khusus diperlukan untuk mengesampingkan kondisi lain dengan fitur yang sama.

Perkembangan gejala

Gejala penyakit motor neuron mulai secara bertahap selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan, biasanya pada satu sisi tubuh pada awalnya, dan semakin memburuk. Gejala awal yang umum termasuk:

  • pegangan yang lemah, yang dapat menyebabkan kesulitan mengambil atau memegang benda
  • kelemahan pada bahu yang membuat mengangkat lengan sulit
  • “drop kaki” yang disebabkan oleh otot-otot pergelangan kaki yang lemah
  • menyeret kaki
  • bicara cadel (disartria)
  • Kondisi ini biasanya tidak menyakitkan.

Ketika kerusakan berlanjut, gejalanya menyebar ke bagian lain dari tubuh dan kondisinya menjadi lebih melemahkan. Akhirnya, seseorang dengan Penyakit saraf motorikmungkin tidak dapat bergerak. Berkomunikasi, menelan, dan bernapas mungkin juga menjadi sangat sulit. Dalam hingga 15% kasus, penyakit motor neuron dikaitkan dengan jenis demensia yang dapat memengaruhi kepribadian dan perilaku. Ini disebut demensia frontotemporal, dan sering merupakan fitur awal ketika terjadi pada Penyakit saraf motorik . Orang yang terpengaruh mungkin tidak menyadari bahwa kepribadian atau perilaku mereka berbeda.

Siapa yang terkena Penyakit saraf motorik ?

Penyakit saraf motorik adalah kondisi langka yang menyerang sekitar dua dari setiap 100.000 orang di Inggris setiap tahun. Ada sekitar 5.000 orang yang hidup dengan kondisi di Inggris pada suatu waktu. Kondisi ini dapat mempengaruhi orang dewasa dari segala usia, termasuk remaja, meskipun ini sangat jarang. Biasanya didiagnosis pada orang di atas 40, tetapi kebanyakan orang dengan kondisi tersebut pertama kali mengalami gejala pada usia 60-an. Ini mempengaruhi sedikit lebih banyak pria daripada wanita.

Mengobati Penyakit saraf motorik 

Saat ini tidak ada obat untuk penyakit motor neuron. Perawatan bertujuan untuk:

  • membuat orang tersebut merasa nyaman dan memiliki kualitas hidup sebaik mungkin
  • mengimbangi hilangnya fungsi tubuh secara progresif seperti mobilitas, komunikasi, menelan dan bernapas

Misalnya, masker pernapasan dapat sangat membantu gejala pernapasan dan kelemahan, dan selang makanan (disebut gastrostomi) membantu menjaga nutrisi dan kenyamanan secara keseluruhan. Jika perlu, obat dapat digunakan untuk membantu mengontrol air liur yang berlebihan.

Sebuah obat yang disebut riluzole telah menunjukkan peningkatan yang sangat kecil dalam kelangsungan hidup pasien secara keseluruhan, tetapi itu bukan obat dan tidak menghentikan perkembangan kondisi.

Tingkat kelangsungan hidup

Penyakit saraf motorikadalah kondisi pemendekan hidup yang parah bagi kebanyakan orang. Harapan hidup bagi sekitar setengah dari mereka yang kondisinya adalah tiga tahun dari awal gejala. Namun, beberapa orang dapat hidup hingga 10 tahun, dan dalam keadaan yang lebih jarang bahkan lebih lama. Hidup dengan penyakit motor neuron sangat menantang dan seringkali kemungkinan yang menakutkan sebelum diagnosis dibuat. Namun, itu tidak selalu suram seperti yang dibayangkan orang.

Dengan dukungan komunitas dan spesialis yang kuat, banyak orang dapat mempertahankan sedikit kemandirian untuk bagian yang signifikan dari kondisi ini, dan mengalami kualitas hidup yang mungkin tidak mereka bayangkan mungkin terjadi pada saat diagnosa mereka. Akhir hidup seseorang dengan penyakit motor neuron biasanya tidak menyusahkan dan paling sering di rumah mereka sendiri. Dalam kebanyakan kasus, seseorang dengan kondisi tersebut akan mati dalam tidur mereka sebagai tahap akhir dari kelemahan bertahap pada otot-otot pernapasan mereka. Meskipun beberapa orang dengan kondisi ini akan memiliki masalah menelan, mereka tidak akan tersedak sampai mati.

Sumber :

https://www.nhsinform.scot

sumber gambar

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>